Batu Akik Termahal di Dunia

Berlian Hope

Batu akik termahal dalam dunia
Saat ini urusan batu akik seakan mengalahkan ketenaran artis-artis yang sudah memiliki nama akbar dan terkenal sejak usang. Batu akik seolah sudah menjadi pokok perbincangan mulai asal artis terkenal hingga tukang becak dan pedagang kaki lima (pedagang dalam pingir jalan).
Membicarakan batu akik seakan tidak timbul habisnya, mereka yang sedang demam batu akik hingga meninggalkan urusan keluarga (jangan hingga yah!), mereka berlomba-lomba menjual, mencari, membeli dan memamerkan barang berhargannya.

Pada kesempatan perdana ini kita akan membahas tentang batu akik termahal yang merupakan tren saat ini dan paling poly dalam cari orang. Kita mengetahui poly jenis batu dalam lebih kurang kita namun hanya jenis batu-batu pribadi yang memiliki nilai super tinggi dan memiliki bentuk, warna, dan keindahan lain yang sangat menawan.
Kadang harga batu-batu yang dalam pamerkan bisa melebihi harga batu emas yang selama ini sudah awam terjadi dalam masyarakat. Luar biasa, nilai batu akik sepotong mungil saja bisa hingga milyaran hingga triliunan. Wow, harga yang fantastis. Lantas batu-batu mulia apa saja yang memiliki nilai jual termahal tersebut? ayo kita lihat dalam bawah ini:

1. Batu Berlian Hope.

Kita kenal bahwa batu berlian sudah menjadi salah satu benda termahal dunia dan dalam miliki oleh beberapa kolektor saja, batu berlian bisa dalam bilang jenis batu akik yang super mewah yang menjadi simbol kemewahan gaya hidup bergengsi tinggi seseorang.
Bayangkan, harga berlian Hope saat ini bisa mencapai lebih kurang US$250 juta/karat atau lebih kurang 2,2 Triliun. Wow, sebuah nilai yang lumayan tinggi dalam salah satu jenis batu alam. Memang untuk mendapatkan benda batu akik termahal seperti itu tidak mudah, mulai asal penambangan, pengolahan, mutilasi hingga membentuk sebuah batu yang bagus dalam pandang.

Dan pula semakin langka sebuah batu akik maka proses alaminya pula semakin absolut sehingga dalam dapatkan bentuk batu yang unik dan menarik, harganya pun pula menarik.

2. Kalung Giok (Jadeite neck lace)

Batu giok sudah sejak usang dalam kenal orang sebagai salah satu jenis batu yang bernilai tinggi. Batu yang memiliki warna khas hijau ini bukan hanya sebagai perhiasan saja namun pula dalam percaya menjadi simbol keberuntungan bagi pemakainaya.

Sampai saat ini pun jenis batu ini masih menjadi primadona perburuan primer bagi para pecinta batu mulia. Semakin langka semakin mahal harganya, selama ini dalam ketahui harga batu giok termahal senilai US$27.440.000 kalung yang memiliki 27 mata giok ini sangat bagus dan menakjubkan.

3. Serendibite.

Serendibite termasuk kumpulan batuan termahal berikutnya, batu ini memiliki kisaran harga US$2.5 juta/karat. Batu ini tergolong sangat langka karena selama ini hanya bisa dalam temukan dalam 2 lokasi dalam dunia ini yaitu Sri Lanka dan Birma.

Batu ini memiliki sifat optik hijau kekuningan, hijau kebiruan dan violet. Kekerasan batu ini mencapai 6,5 hingga 7 skala mohs. Wow, luar biasa.

4. Blue Garnet.

Batu mulia bernilai tinggi berikutnya merupakan blue garnet. Batu ini sudah sejak usang dalam kenal orang sebagai salah satu mineral silikat yang memiliki bentuk dan warna yang memukau. Blue garnet sangat langka sehingga bernilai tinggi. Blue garnet memiliki poly warna seperti merah, ungu, hitam, pink, hijau, kuning, coklat, orange dan biru (Blue garnet).

Batu mulia ini sangat langka dan selama ini masih bisa dalam temukan dalam Amerika, Turki dan kualitas yang terbaik merupakan asal Madagaskar. Warna batu jenis ini bisa berubah-ubah, harga yang selama ini merupakan mencapai US$1,5 juta/karat.

5. Painite.

Batu mulia yang satu ini pula tergolong langka karena hingga kini masih belum dalam temukan kembali sejak pertama dalam temukan dalam Myanmar lebih kurang tahun 1950 oleh seorang merolog inggris.

Batu yang merupakan jenis mineral borat (BO3) ini memiliki jejak vanadium sehingga bisa berubah warna. Harga yang tertera saat ini mencapai US$60.000/karat.

6. Grandidierite.

Sebuah batu permata yang sangat bagus dan langka telah dalam temukan lebih kurang tahun 1902 dalam kepulauan Madagaskar. Ada yang menarik dalam batu ini yaitu pemberian namanya dalam kaitkan bersama seseorang yang menilik alam Madagaskar saat itu yang bernama Alfred Grandidier (1836-1912). Nah, untuk mengenangnya maka batu mulia ini dalam beri nama Grandidierite. Harga batu mulia ini mencapai lebih kurang US$50.000/0,5 karat.

7. Musgravite.

Selanjutnya dalam temukan batu permata yang bernilai tinggi pula dalam sebuah pegunungan Australia selatan dalam lebih kurang tahun 1967 dan dalam namakan musgravite. Batu ini memiliki tingkat kekerasan dalam 8-8,5 skala mohs. batu mineral ini sangat langka sehingga dalam tahun 2005 sempat dalam klaim hanya timbul 5 buah dalam muka bumi ini. Harga saat itu hingga dalam US$35.000/karat.

8. Black opal.

Batu opal poly dalam temukan dalam Australia dan Indonesia, bahkan Australia mengklaim bahwa negaranya merupakan produsen batu opal terbesar dalam dunia. Di Indonesia batu opal biasa dalam sebut bersama batu kali maya.

Batu opal yang paling mahal merupakan black opal, selain warna dan bentuknya bagus pula paling langka dalam temukan. Harganya hingga dalam ribuan dollar Amerika perkaratnya. Nilai tertinggi yang pernah tercapai merupakan US$2.355/karat

9. Jeremejevite.

Batu mulia ini pertama kali dalam temukan dalam pegunungan Siberia dalam tahun 1883. Mineral yang satu ini memiliki tingkat kekerasan 7 skala mohs. Dan memiliki nilai sebanyak US$2000/karat

10. Red Beryl Emerald.

Batu mulia yang satu ini memiliki warna yang beraneka ragam, yaitu putih, merah, biru, hijau dan kuning. Dari sekian poly batu beryl emerald hanya warna merah yang paling langka, sehingga memiliki nilai yang termahal.

Batu jenis ini pertama kali dalam temukan dalam pegunungan Utah dalam Amerika dalam tahun 1904 oleh seorang minerolog yang bernama May-nard Bixby, sehinga batu ini pula dalam kenal bersama nama batu Bixbyte sebagai bentuk penghormatan kepada penemunya. Harga termahal yang pernah singah lebih kurang US$10.000/karat

Inilah beberapa batu akik termahal dalam dunia yang menjadi perburuan hingga saat ini. Mungkin karena harga yang sangat mahal maka jarang sekali timbul orang yang menggunakan perhiasan asal jenis batu mulia tersebut.



Bagikan Produk ini :

Posting Komentar